by

4 Tips Memulihkan Luka Operasi Caesar

Pasca operasi caesar, luka sayatan pada perut serta rahim memerlukan proses pemulihan yang cukup lama. Proses pemulihan luka bekas operasi caesar bahkan kerap membuat ibu merasa kurang nyaman. Seperti yang diketahui, dalam masa ini ibu juga harus disibukkan untuk merawat sang buah hati yang baru saja lahir. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalisir rasa tidak nyaman tersebut. langkah yang dimaksud tak lain adalah langkah perawatan yang dilakukan dirumah pasca operasi caesar.

Luka sayatan operasi Caesar umumnya memiliki ukuran panjang 10 sampai dengan 15 centimeter. Awal pasca operasi bisa jadi nampak sedikit menonjol dan bengkak atau warna yang lebih gelap dari warna kulit. Dalam kondisi yang sehat dan perawatan yang tepat, infeksi tidak akan terjadi dan proses penyembuhan bisa berlangsung dalam waktu hanya 6 minggu. Akan tetapi jika kondisi berbeda, maka proses pemulihan bisa berlangsung lebih lama.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar proses pemulihan luka operasi caesar dapat berlangsung lebih cepat:

  1. Tetaplah Bergerak

Tetaplah bergerak, namun secara perlahan. Hindari dulu aktivitas yang terlalu berat ataupun pekerjaan rumah yang membuat lelah. Ibu hanya diperbolehkan beraktivitas fisik yang sifatnya ringan-ringan saja. Terrmasuk dalam hal mengangkat beban, ibu hanya diperbolehkan mengangkat beban yang tidak lebih berat dari bayi.

  1. Tingkatkan Konsumsi Air Putih dan Makanan Sehat

Perbanyak minum air putih pasca operasi caesar. Selain itu juga konsumsi makanan sumber serat dan vitamin seperti buah dan sayur untuk mengembalikan energy yang telah terkuras saat operasi. Selain itu juga makanan sumber serat dan vitamin dapat membantu melancarkan buang air besar sehingga membuat ibu tidak perlu mengedan terlalu keras ketika buang air besar. Mengedan bisa memberikan tekanan lebih besar pada luka pasca operasi caesar.

  1. Hindari Jalan-jalan Terlalu Jauh

Ibu harus meminimalisir jalan-jalan yang terlalu jauh. Upayakan posisi tempat tidur tidak terlalu jauh dengan tempat yang sering ibu kunjungi seperti toilet dan juga meja makan. Selain itu, ibu juga harus menghindari pergerakan yang mendadak.

  1. Mandi dengan Berhati-hati

Ketika mandi, luka operasi caesar diperbolehkan kena air ataupun sabun. Akan tetapi ibu harus berhati-hati betul agar daerah jahitan selalu terjaga kebersihannya dan jangan sampai digosok. Saat mandi, hindari berendam, apalagi di hari-hari awal pasca operasi.

Ibu bisa mendapatkan banyak lagi info kesehatan terbaru lainnya di guesehat.com. Membaca artikel kesehatan di guesehat.com juga bisa menjadi salah satu aktivitas ringan agar ibu tidak mudah mengantuk dalam masa pemulihan pasca operasi caesar.

Comment

News Feed