9 Manfaat Virtual Account dalam Bisnis Online

Bisnis4 views

Banyak pebisnis online/merchant berlomba-lomba memberikan kemudahan bagi pelanggan/konsumen dalam melakukan pembayaran. Manfaat VA sebagai alat pembayaran yang tepat bagi bisnis online sangat banyak.

Sejarah virtual account bermula pada tahun 2001, dimana Indonesia memiliki sistem pembayaran elektronik yang dikelola oleh Bank Indonesia dengan nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). GPN bertujuan untuk memudahkan transaksi keuangan dalam negeri dengan cara elektronik.

Virtual account adalah akun rekening bank virtual yang digunakan untuk identifikasi dan menerima pembayaran yang berbeda dengan rekening biasa. Virtual account berupa nomor ID pelanggan (customer ID) yang unik dengan memasukkan kode angka virtual account akun bank pembeli, sehingga dapat memunculkan detail pembayaran yang harus dilakukan. Metode pembayaran ini sangat mudah karena pembeli tidak perlu memasukan nominal harga secara detail dan menentukan penerima dana.

Tidak ada nomor Virtual Account yang benar-benar sama, biasanya menggunakan nomor HP pengguna. Transaksi dapat teridentifikasi secara otomatis untuk setiap pelanggan yang berbeda. Ketika transaksi selesai, pelanggan juga tidak perlu mengirimkan bukti transfer.

Kelebihan Virtual Account

  • Transaksi dari pelanggan tercatat otomatis di sistem pembukuan sehingga efisien dalam pelaporan.
  • Bisa diintegrasikan dengan mudah di platform belanja online apapun, seperti aplikasi, website, dll.
  • Melayani transaksi jual beli selama 24 jam non stop.
  • Lebih aman karena virtual account punya waktu kadaluarsa.

Manfaat Virtual Account untuk Bisnis

1. Melayani berbagai jenis transaksi

Pembayaran menggunakan virtual account dapat meningkatkan efektivitas yang lebih baik dibandingkan transfer manual rekening bank. Dengan virtual account transaksi dapat diintegrasikan dengan mudah ke berbagai platform, seperti aplikasi, website, marketplace, online shop, dll.

2. Dapat bertransaksi 24 jam

Membayar menggunakan virtual account membuat transaksi dapat dilakukan sepanjang waktu atau 24 jam secara nonstop. Fleksibilitas ini membantu pembeli untuk melakukan pembayaran kapan saja, bahkan di luar jam operasional perbankan.

Bagi pemilik merchant dapat mengetahui laporan pembayaran virtual account dengan mudah.

3. Mengurangi kebutuhan banyak akun bank

Pemilik bisnis tidak perlu memiliki akun disetiap bank demi mengakomodir bank yang dimiliki pelanggan/pembeli.  Integrasi tunggal dengan payment gateway, pemilik bisnis dapat terhubung dengan berbagai bank di Indonesia.

4. Konfirmasi pembayaran secara otomatis

Setiap pembayaran yang dilakukan melalui akun virtual teridentifikasi langsung secara otomatis oleh sistem, sehingga tidak perlu repot meminta pelanggan melakukan konfirmasi manual dengan menunjukkan bukti transfer. Dengan VA, sistem secara langsung mengidentifikasi uang yang masuk  ketika transaksi berhasil dilakukan.

5. Sistem pembayaran cashless

Virtual account adalah satu pembayaran cashless populer di Indonesia. Uang yang diterima dan catatan transaksi akan tersimpan dalam virtual account secara aman dan teratur. Kamu dapat melihat rekam jejak transaksi bisnis online kamu secara praktis.

6. Riwayat transaksi yang memudahkan pencatatan keuangan

VA adalah satu pembayaran cashless populer di Indonesia. Uang yang diterima dan catatan transaksi akan tersimpan dalam akun virtual account secara aman dan teratur. Pemilik bisnis/merchant dapat melihat rekam jejak transaksi bisnis online dari pelanggan secara praktis.

7. Dapat digunakan sesuai kebutuhan

Dua jenis VA dapat digunakan sesuai kebutuhan pebisnis. Jenis static digunakan ketika pelaku bisnis menginginkan nomor akun yang tetap untuk satu pelanggan dalam transaksi berulang kali. Jenis dynamic digunakan ketika merchant menginginkan nomor yang berubah-ubah setiap transaksi.

8. Kapasitas transaksi besar

VA mendukung transaksi dalam jumlah besar secara simultan tanpa khawatir gangguan sistem sehingga bisnis dapat menangani permintaan pelanggan dalam skala besar dengan cepat, akan, dan efisien.

9. Keamanan lebih terjamin

Apabila transaksi telah selesai, Anda bisa mengatur nomor VA menjadi kadaluarsa. Ini sebagai upaya pencegahan atas penyalahgunaan nomor tersebut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. VA menawarkan keamanan transaksi tingkat tinggi, yang diatur dan dilisensikan oleh lembaga keuangan Indonesia dan memiliki sertifikasi keamanan yang tinggi.

Keuntungan Virtual Account dalam Bisnis

1. Pembayaran secara real-time

Virtual account dapat mengirimkan uang secara real-time dimana transaksi pembayaran yang dilakukan dengan nomor VA akan diproses dengan cepat, sehingga tidak perlu menunggu berlama-lama untuk memastikan pembayaran diterima atau masuk. Notifikasi transaksi akan diterima secara realtime pula dan dana yang ditransfer pun bisa langsung masuk ke rekening pihak tujuan.

2. Identifikasi dengan nomor rekening unik

Virtual account menggunakan nomor rekening unik (biasanya menggunakan nomor ponsel) yang mampu mengidentifikasi setiap transaksi yang sudah dibayar oleh pembeli secara otomatis. Virtual account meminimalisasi terjadinya human error atau kesalahan manusia selama proses transaksi berlangsung.

3. Efisiensi tinggi

Virtual account membantu mengelola pembayaran bisnis online dengan efisien. Semua proses transaksi melalui virtual account dilakukan melalui gadget dengan penyediaan layanan yang sama dengan bank pada umumnya.

4. Pelanggan tidak wajib memiliki akun bank sama

Dengan akun virtual, pelanggan dapat melakukan transfer dari bank apa pun, baik melalui ATM, mobile banking atau internet banking tanpa biaya tambahan.

5. Memudahkan pelanggan melakukan pembayaran

Virtual account mempunyai nomor ID yang unik sehingga pelanggan hanya perlu memasukkan nomor ID untuk melakukan transfer tanpa harus menuliskan atau mengingat nomor rekening bank. Bahkan, data pembayaran otomatis akan muncul sehingga pengguna tidak perlu repot memasukkan lagi. Hal ini secara tidak langsung mendorong semakin banyaknya transaksi bisnis.

6. Membangun kepercayaan

Kemudahan dan keamanan dalam pembayaran dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Pelanggan tidak ada rasa was-was lagi dalam melakukan kegiatan belanja online. Payment gateway VA menciptakan transaksi yang aman dan nyaman, mendorong hubungan saling percaya antara penjual dan pembeli.

Kebutuhan virtual account dapat dipenuhi melalui perusahaan payment gateway dengan integrasi yang mudah dan benefit yang menguntungkan bagi pelaku bisnis/merchant dan pelanggan.

Payment gateway sangat membantu memudahkan transaksi antara merchant dan pelanggan dalam pembayaran online yang beragam dengan cepat, efisien, dan aman.

Dengan sistem pembayaran beragam, pelanggan tidak perlu bingung ketika harus membayar transaksi mereka. Merchant atau bisnis online juga tidak perlu repot registrasi di banyak channel pembayaran.

Layanan payment gateway untuk metode pembayaran bisa didapat melalui perusahaan fintech Winpay. Tersedia metode pembayaran di Winpay seperti QRIS, e-wallet, virtual account, kartu kredit, link pembayaran, halaman checkout. Dengan mengintegrasikan payment gateway, bisnis dapat menawarkan pengalaman berbelanja yang lancar, mudah, dan efisien kepada pelanggan, mengurangi risiko keamanan dengan enkripsi data sensitif, dan memperluas jangkauan global dengan mendukung berbagai mata uang dan metode pembayaran. Dan tentunya, bisnis online menjadi lebih maju, besar dengan transaksi dan revenue semakin meningkat.