Apa Itu Ppg Prajabatan dan Bagaimana Cara Daftarnya

Gaya Hidup24 views

PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi yang melahirkan generasi baru guru Indonesia yang memiliki panggilan mengajar, profesional, berkomitmen pada kepemimpinan, mencintai pekerjaannya dan pembelajar sepanjang hayat.

PPG prajabatan diselenggarakan bagi mahasiswa S1 atau calon guru dan guru S2 IV jurusan pendidikan dan non kependidikan untuk mendapatkan sertifikat pelatihan.

Jalan menuju generasi penerus guru Indonesia dimulai dengan tahap seleksi dan keikutsertaan dalam rangkaian program pelatihan guru profesional selama dua semester yang terdiri dari perkuliahan, latihan kerja lapangan, proyek kepemimpinan dan pendampingan. 

Pendaftaran acara Prajabatan PPG 2023 secara resmi akan dimulai pada Rabu (31/5) pukul 13.30 WIB, dengan masa pendaftaran mulai Mei hingga Juni mendatang.

Jika Anda ingin mendaftar, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Kemendikbud mengajak generasi muda menjadi guru dengan mengikuti Diklat Profesi Guru Prasekolah tahun 2023, membuka kajian umum, muatan lokal, dan profesi.

Bagi para lulusan S1/D4 yang merasa terpanggil menjadi guru, jangan lewatkan kesempatan ini. Peserta yang berhasil belajar GRATIS selama dua semester, mendapatkan sertifikat trainer dan menjadi generasi penerus guru bahasa Indonesia yang profesional. 

Pendaftaran acara Prajabatan PPG 2023 secara resmi akan dimulai pada Rabu (31/5) pukul 13.30 WIB, dengan masa pendaftaran mulai Mei hingga Juni mendatang. Jika Anda ingin mendaftar, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan.

Persyaratan pendaftaran:

  • Warga negara Indonesia;
  • Tidak/belum pernah terdaftar sebagai guru/kepala sekolah pada Sistem Informasi Dasar Guru Simpatik (Dapodik) dan Sistem Informasi dan Tenaga Kependidikan Departemen Agama;
  • Anda memiliki ijazah universitas (S-1) atau ijazah universitas (D-4), yang terdaftar di database universitas (PD-Dikti) atau masuk dalam database “Asimilasi ijazah asing” untuk lulusan universitas luar negeri.;
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga nol nol);
  • Sampai dengan 32 (tiga puluh dua) tahun pada tanggal 31 Desember 2023;
  • menandatangani perjanjian integritas;
  • Anda memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani*;
  • Anda memiliki sertifikat perilaku baik* dan
  • Anda memiliki surat keterangan bebas Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA*). 

cara daftar ppg prajabatan 2023 yaitu dilakukan melalui beberapa tahapan seleksi yang ketat dan dilakukan secara online melalui website resmi https://ppg.kemdikbud.go.id/ Calon peserta harus mengisi formulir aplikasi dengan lengkap dan mengunggah dokumen pendukung seperti fotokopi ijazah, sertifikat dan tanda pengenal.

Panitia memeriksa dokumen tersebut. Sebagai bagian dari proses seleksi, calon peserta juga mengikuti tes potensi akademik, tes mata pelajaran, tes bakat pedagogik, dan wawancara. 

adapun Langkah-langkah seleksi untuk lolos, Setelah proses pendaftaran selesai, calon peserta melalui beberapa tahapan seleksi seperti:

  • Kontrol berkas:

Panitia melakukan verifikasi kelengkapan dan keaslian dokumen yang diunggah.

  • Pilihan saat ini:

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur kemampuan akademik calon peserta, termasuk tes manajemen konten dan keterampilan dasar literasi dan numerasi.

  • Berkonsultasi:

Pada tahap wawancara, keterampilan interpersonal dan motivasi calon peserta dinilai, termasuk kompetensi, kepribadian, motivasi dan keterampilan kognitif. 

Layanan PPG Advance pada tahun 2023 menawarkan manfaat yang signifikan bagi para pesertanya. Setelah berhasil menyelesaikan program, peserta akan menerima pengetahuan dan keterampilan pedagogis tambahan, serta sertifikat guru profesional.

Ini membuka peluang karir yang lebih baik di sekolah negeri dan swasta. Selain itu, peserta berkesempatan untuk membangun jaringan dan bekerja sama dengan rekan kerja.

Bagi calon guru yang berminat dan bersemangat berkarir sebagai guru profesional, mendaftar Prajabatan PPG 2023 merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Kirim aplikasi Anda sekarang dan ikuti program ini untuk memajukan karir Anda di bidang pendidikan.