by

Bayi Tabung Adalah Salah Satu Program Kehamilan yang Banyak Diminati

Memiliki keturunan adalah impian bagi siapa saja yang sudah menikah. Terlebih bagi mereka yang baru menikah dan sedang menjalani program kehamilan. Akan tetapi ternyata tidak semua perempuan bisa dengan mudah untuk mendapatkan kehamilan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa seseorang bisa susah untuk mendapatkan kehamilan. Bayi tabung adalah salah satu jalan yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan keturunan.

Bagi orang yang belum tahu pasti akan merasa bingung apa sebenarnya bayi tabung dan bagaimana caranya. Metode ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh seseorang yang susah untuk mendapatkan keturunan. Di dalam dunia medis bayi tabung sering dikenal dengan istilah in vitro fertilization (IVF) yaitu merupakan suatu proses kehamilan yang diawali dengan sel telur yang dibuahi oleh sperma namun prosesnya berada di luar tubuh namun di dalam tabung.

Bagi Anda yang saat ini ingin menjalankan program bayi tabung, berikut ini adalah beberapa prosedur yang bisa Anda ketahui dan Anda perhatikan:

  1. Proses pertama yang dilakukan yaitu dokter akan merangsang tubuh wanita dengan memberikan suntik dokter yang mampu memproduksi beberapa sel telur.
  2. Selanjutnya yaitu akan dilakukan tes darah atau ultrasound dengan tujuan untuk menentukan kesiapan dari pengambilan sel telur. Dalam hal ini sebelumnya tubuh wanita juga akan diberikan suntikan yang akan digunakan untuk proses pematangan sel telur yang sedang berkembang dan memulai ovulasi.
  3. Dokter akan mulai mengambil sel telur, disini dokter juga akan mencari folikel yang terdapat di dalam rahim dengan menggunakan bantuan USG. Kemudian sel telur akan mulai diambil dengan menggunakan jarum khusus yang berongga. Biasanya prosedur ini akan berlangsung kurang lebih 30 menit.
  4. Sel telur akan dipertemukan dengan sperma dan harus diambil pada hari yang sama. Dan kemudian akan disimpan tempat Anda melakukan program bayi tabung sehingga bisa memastikan perkembangannya.
  5. Apabila embrio dari hasil sel telur dan sperma sudah cukup matang akan diambil dan dimasukkan ke dalam rahim. Dalam waktu dua minggu setelah transfer embrio yang sebelumnya, maka wanita akan diminta untuk tes kehamilan.

Di atas adalah beberapa prosedur yang harus dilalui saat Anda sedang melakukan program bayi tabung. Program bayi tabung ini biasanya akan dilakukan oleh wanita yang sudah berada di usia di atas 40 tahun dan memang sudah bermasalah dengan masalah kesuburan atau infertilitas. Ada beberapa kondisi atau kemungkinan yang menyebabkan seorang wanita susah untuk mendapatkan kehamilan, seperti contohnya yaitu adanya gangguan yang terjadi pada tuba falopi atau rahim yaitu adanya kerusakan atau sumbatan pada jalur sel telur.

Selain itu, wanita yang susah hamil juga banyak disebabkan oleh adanya gangguan ovulasi yang akan membuat produksi sel telur tidak maksimal. Selain itu bisa jadi disebabkan dari kaum laki-lakinya yaitu produksi sperma yang memiliki kualitas rendah serta sperma yang tidak mampu untuk melewati cairan yang ada pada leher rahim. Namun Anda juga perlu tahu bahwa masalah sistem kekebalan tubuh juga akan sangat mengganggu perkembangan sel telur dan sperma.

Bayi tabung adalah salah satu jalan yang bisa diambil oleh pasangan yang sudah lama menanti kehadiran buah hati namun tidak kunjung mendapatkan. Akan tetapi Anda juga perlu tahu bahwa proses bayi tabung juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jadi apabila Anda saat ini berencana untuk menjalankan program tersebut siapkan dana yang lebih.

Comment

News Feed