by

Cara Memakai Mesin Jahit Singer yang Benar

Dalam menggunakan mesin jahit dapat dikatakan susah susah gampang, karena mengingat bahwa untuk setiap mesin tentunya memiliki tata cara penggunaan yang tidak sama. Untuk komponen yang terdapat di dalam mesin jahit pun juga tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Selain proses penggunaannya yang harus dilakukan dengan benar, Anda pun juga harus memperhatikan dari segi perawatannya.

Cara Menggunakan Mesin Jahit Singer yang Baik dan Benar

Terlebih lagi bagi Anda yang menggunakan mesin jahit Singer, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik, yaitu dari segi tata cara penggunaannya yang baik dan benar. Jika Anda sudah beli di tempat jual mesin jahit JD ID, maka tugas Anda selanjutnya yaitu memperhatikan dari segi penggunaannya. Tujuannya yaitu agar mesin jahit singer yang Anda miliki tidak mudah mengalami kerusakan.

Berikut ini cara menggunakan mesin jahit Singer yang baik dan benar:

  1. Gunakan sesuai kapasitas mesin

Tata cara dalam menggunakan mesin jahit Singer yang baik dan benar pada tahap pertama yang harus diperhatikan yaitu Anda harus menggunakannya sesuai pada kapasitas. Artinya yang Anda gunakan tersebut harus sesuai pada kebutuhan menjahit. Jangan terlalu memaksakan mesin jahit, terutama untuk menjahit beberapa jenis kain yang tidak mampu dilakukan oleh mesin jahit Singer. Apabila hal ini terlalu dipaksakan tentunya dapat mengalami kerusakan pada bagian mesin.

  1. Perhatikan besaran listrik

Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian mesin jahit, maka harus memperhatikan dari besaran listrik yang ada pada mesin jahit tersebut. Jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik tentunya dapat menimbulkan hal yang fatal, yaitu terjadinya korsleting listrik. Selain itu apabila kondisi listrik yang ada di dalam rumah tidak stabil atau sering mati, maka hal ini akan menimbulkan kerusakan pada mesin ataupun pada dinamo mesin jahit.

  1. Mengatur bagian kabel

Mengatur kabel mesin jahit dengan baik tidak akan menimbulkan kerusakan pada bagian kabel. Apabila kabel tidak diatur sedemikian rupa bisa menimbulkan seseorang tersangkut pada kabel ketika melewati mesin jahit. Selain itu juga membuat ruangan atau tempat mesin jahit terlihat tidak rapi.

  1. Cek kondisi mesin jahit secara rutin

Untuk melakukan pengecekan dari kondisi mesin jahit itu sangat penting dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan supaya apabila terjadi kerusakan di dalam mesin jahit segera bisa diatasi. Semakin lama mesin jahit berada dalam kondisi yang rusak, maka akan semakin memperparah komponen mesin jahit.

  1. Kurangi getaran pada mesin jahit

Perlu diketahui dengan sebaik mungkin bahwa untuk mesin jahit yang terus-menerus mendapatkan getaran, terutama getaran yang cukup keras maka hal ini dapat memperpendek usia dari mesin jahit. Anda harus bisa melakukan pencegahan dari getaran mesin jahit. Sebaiknya Anda meletakkan mesin jahit di bagian meja yang datar dan juga stabil.

Selain itu Anda pun juga bisa menambahkan bahan material yang lembut, misalnya seperti karet. Untuk karpet itulah yang digunakan untuk meminimalisir getaran yang ada dan juga meminimalisir tingkat kebisingan karena karpet dapat meredam nya.

Apapun jenis mesin jahit yang Anda gunakan tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya perawatan. Tujuannya yaitu supaya mesin jahit memiliki usia yang lebih panjang lagi. Selain melakukan perawatan, para pemilik mesin jahit yang bisa diharapkan untuk memperhatikan tata cara dalam penggunaan mesin jahit yang baik dan benar. Apabila mesin jahit tidak digunakan dengan sebagaimana mestinya, tentu saja hal ini bisa menimbulkan kerusakan yang terjadi pada komponen dalam mesin jahit.

News Feed