by

Cara Membuat Terong Crispy Dengan Tepung Kobe

Salah satu sayuran yang banyak dihasilkan oleh petani sayuran adalah sayuran terong. Banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam sayuran terong. Banyak dari kita yang menggunakan terong untuk sayur lodeh dan atau hanya memakannya mentah – mentah sebagai lalapan.

Keguanaan terong untuk tubuh kita adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga agar jantung tetap sehat
  2. Kolesterol dapat diturunkan
  3. Bermanfaat untuk otak
  4. Kanker dapat dicegah
  5. Kulit kita akan lembut dan terlihat bercahaya
  6. Diabetes dapat dicegah

Selain manfaat diatas ada satu manfaat yang penting untuk ibu hamil yaitu untuk mengurangi bayi terlahir cacat karena sayuran terong terdapat kandungan asam folat yang dibutuhkan untuk orang hamil. Asam folat sangat berpengaruh untuk menurunkan kelairan dalam keadaan cacat.

Selain itu kandunagn – kandungan yang terkandung di sayuran terong juga dapat membantu keseimbangan elektrolit orang hamil. Maka untuk ibu – ibu hamil tidak perlu cemas lagi mengkonsumsi sayuran terong lagi, karena sangat berguna  untuk ibu yang sedang hamil.

Selain untuk sayur lodeh atau lalapan sayur terong juga dapat diolah menjadi olahan makanan ringan yang memiliki rasa yang lezat, yakni resep ala tepung kobe ,masakan berbahan terong yang mudah sekali dibuat.

Bahan – bahan membuat terong crispy:

  1. Terong ungu dengan ukuran besar
  2. Tepung siap saji, tepung kobe
  3. Tepung terigu atu tepung putih kobe
  4. Minyak goreng
  5. Garam dapur beryodium
  6. Air putih bersih
  7. Saus sambal pedas instan

Cara mengolah terong crispy adalah:

  1. Kita cuci bersih terong ungu, kemudian lakukan pemotongan pada terong ungu, terong ungu dapat di potong membentuk bulatan atau sesuai dengan selera anda.
  2. Setelah terong ungu sudah terpotong semua,ambil potongan terong ungu dan masukan kedalan air yang sudah tercampur garam, rendam dan diamkan lima belas menit.
  3. Sambil menunggu rendaman terong ungu tadi,siapkan bumbunya. Yaitu campur tepung siap saji dengan air dan aduk hingga tercampur rata (jangan terlalu kental). Dan siapkan tepung terigu didalam wadah.
  4. Setelah semuanya siap, masukkan terong ungu yang sudah direndanm kedalam bumbu basah aduk dan ratakan. Setelah rata angkat dan masukan kedalam wadah tepung kering,baluri hingga benar – benar rata.
  5. Selanjutnya masukan terong kedalam wajan yang sudah panas minyaknya, setelah itu masak terong sampai matang atau berwarna kening keemasan
  6. Setelah matang, angkat terong crispy yang sudah matan lalu sajikan diatas piring dengan saus sambal yang pedas

Mudah sekali bukan cara mengolah terong ungu menjadi makanan yang lebih lezat dan mungkin disukai semua orang. Oleh sebab itu kita tak perlu kawatir lagi bila kebingunan untuk menyiapkan makanan atau camilan untuk keluarga kita. Buatlah terong crispy tentunya.

Selain mudah dibikin tentunya juga mudah didapat bahan bahanya. Dan juga harganya terjangkau. Oleh karen itu ayo kita buat makanan dari sayuran yang mengandung banyak manfaat untuk kita dan anggota keluarga kita.

Cukup sekian pembahasan tentang manfaat sayuran terong yang sebenarnya banyak sekali kandungan – kandungan yang terdapat didalamnya sangat berguna untuk tubuh kita. Cara pengolahan nya pun cukup sangat mudah hanya terong dipotong kemudian dibaluri tepung dan digoreng hingga matang. Semoga menjadi inspirasi anda dalam duni masak memasak. Tidak lupa budayakan makan sayuran sehat agar tubuh kita tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Lebih baik menjaga daripada mengobati.