by

Jangan Sampai Keliru, Inilah Jenis-Jenis AC dan Manfaatnya

sumber : servicejogja.com

Hidup di negara tropis seperti Indonesia, yang namanya pendingin ruangan alias AC tentu dibutuhkan. Apalagi jika kamu tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta atau Medan yang punya suhu cukup panas, keberadaan AC jelas bak angin surgawi. Bahkan saat ini, sudah ada lho yang namanya AC split! Wow, jenis AC apa lagi sih?

Yap, jika kamu berkunjung ke toko elektronik tentu akan menemukan berbagai jenis AC. Ada yang namanya AC Window, AC Sentral, AC Tower, AC Kaset hingga AC jenis Split. Tentu dari masing-masing jenis memiliki perbedaan tampilan, tetapi fungsi yang sama yakni membuat ruangan dingin. Nah untuk kali ini, kita akan membahas jenis yang paling populer yakni Split.

Varian AC Jenis Split yang Ada di Pasaran

sumber : sepulsa.com

Dari seluruh macam AC yang ada di pasaran dan sudah disebutkan sebelumnya, AC Window memang bisa dibilang paling tua. Namun kalau disuruh memilih mana yang paling populer, jawabannya adalah AC Split. Disebut split, karena memang tampilan pendingin ruangan ini terpisah alias di-split. Ada dua unit utama dari AC jenis Split yaitu pendingin dan pembuang panas.

Untuk unit pendingin biasanya ditempatkan di dalam ruangan dan unit pembuang panas (heat exchanger) yang berupa kompresor dan kipas, ada di luar ruangan. Kedua unit ini terhubung dengan pipa freon dan supply listrik. Lantaran merupakan AC paling populer dan banyak digunakan konsumen rumah tangga, ada banyak sekali varian Split. Berikut ulasannya:

  1. AC Biasa: Biasa disebut dengan AC standar atau AC Non Inverter yang mampu mendinginkan ruangan dengan cepat, tapi relatif lebih boros listrik
  2. AC Inverter: Sama seperti AC Biasa, hanya saja AC Inverter punya teknologi hemat daya listrik sehingga merupakan AC jenis Split yang paling laris manis
  3. AC Low Watt: Biasa dipakai di rumah dengan daya listrik kecil, tetapi kemampuan mendinginkan ruangan lebih lama. AC Low Watt ini bisa jadi solusi bagi kamu yang tinggal di daerah panas tapi daya listrik pas-pasan

Dengan beberapa varian yang ditawarkan, kamu tentu bisa memilih salah satu AC jenis Split yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan lebih bijak. Jangan ngotot membeli AC Biasa jika memang kemampuan daya listrik di rumah hanya mampu sebatas AC Low Watt.

Keunggulan AC Jenis Split yang Harus Kamu Ketahui

sumber : linetoday.com

Seperti layaknya AC-AC jenis lain, pendingin ruangan Split juga memiliki komponen penyusun seperti evaporator, filter udara, motor blower, control panel electric dan sensor suhu serta kondensor. Hanya saja dibandingkan jenis lainnya, Split jelas punya keunggulan sendiri yang membuat banyak orang terpikat. Salah satunya adalah bentuknya yang begitu ringkas dan tidak makan tempat.

Keunggulan berikutnya adalah jenis Split lebih mudah dipasang karena punya dua unit. Kendati AC Sentral juga demikian, mesin utama AC sentral memiliki ukuran cukup besar dan peletakan unit pendingin harus di langit-langit utama berbentuk corong. Yang istimewa lagi, desain AC jenis Split ini tampak lebih stylish sehingga membuat pemasangannya di dalam rumah sangat menarik.

Keunggulan terakhir dari AC Split adalah jauh lebih hemat energi dan hemat biaya, apalagi jika kamu memilih AC Inverter. Sangat istimewa bukan? Sudah tampilannya menarik, mudah dipasang, hemat listrik pula, tak heran kalau akhirnya jauh lebih banyak kalangan rumah tangga hingga pengusaha cafe kecil-kecilan yang lebih memilih pendingin ruangan jenis Split ini. Baca juga Bayi Tabung Adalah Salah Satu Program Kehamilan yang Banyak Diminati.

Comment

News Feed