by

Jangan Sembarangan Bersihkan Telinga, Ikuti Panduan Amannya Berikut Ini!

Ciri-ciri gangguan pendengaran bisa dikenali lewat beberapa hal, salah satu diantaranya adalah pada saat berkomunikasi, salah satu pihak tidak bisa mendengar secara jelas dan sering kali meminta mengulangi perkataan yang sama. Awalnya hal tersebut memang tampak normal, namun semakin lama akan semakin parah, hingga menyebabkan kehilangan kemampuan mendengarkan. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan, karena indera pendengaran ini memiliki peran yang sangatlah penting.

Sebenarnya gangguan pendengaran ini sendiri bisa terjadi karena berbagai macam faktor, salah satu diantaranya adalah kebiasaan jarang membersihkan kotoran telinga. Sehingga kotoran yang menumpuk tersebut akan menganggu masuknya getaran suara dan menyebabkan kemampuan dalam mendengarkan menjadi turun. Bahkan membersihkan dengan salah juga beresiko menyebabkan gangguan pendengaran. Untuk itulah maka berikut ini diantaranya ada beberapa langkah membersihkan telinga benar yang harus diketahui:

  1. Jangan menggunakan ear candle atau lilin telinga, bukannya membersihkan, maka alat yang satu ini hanya beresiko menyebabkan cidera yang parah, jika salah digunakan.
  2. Pakai obat tetes telinga, jika ada kemungkinan kotoran di dalam telinga tersebut sudah mengeras, disebabkan oleh jarangnya membersihkan, maka dianjurkan menggunakan obat ini, obat tersebut nantinya bisa bekerja untuk mencairkan atau mengencerkan kotoran telinga, sehingga bisa lebih mudah dikeluarkan. Biasanya menunggu waktu selama 2 hingga 3 hari, sampai kotoran benar-benar lunak.
  3. Membersihkan kotoran telinga sebaiknya jangan menggunakan cotton bud, karena hanya akan mendorong kotoran masuk dan menghalangi gendang telinga. Bersihkan hanya di area luarnya saja ketika kotoran sudah mulai mencair atau keluar.
  4. Datanglah ke dokter spesialis THT jika seandainya kotoran telinga tidak juga mau keluar, atau terjadi masalah seperti kotoran telinga terus keluar berulang-ulang tanpa henti, bisa jadi ini disebabkan oleh infeksi.

Mudah bukan, cara yang benar akan menghindari resiko cidera. Jika masalah pendengaran tetap terjadi dan bahkan membuat Anda kesulitan untuk berkomunikasi secara lancar, maka dianjurkan untuk berobat ke dokter, nantinya akan dilakukan terapi menggunakan alat bantu dengar, cara kerja alat bantu dengar ini mudah tinggal digunakan pada telinga.

Comment

News Feed