by

Jangan Terlambat! Segera Kenali Apa yang Jadi Gejala Demam Berdarah

Penyakit yang satu ini tentunya tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Terlebih saat musim hujan tiba, banyak orang yang diserang penyakit gejala DBD. Tapi sayangnya banyak orang yang tidak tahu apa yang jadi gejala demam berdarah sehingga penyakit ini banyak diabaikan karena dikira hanya penyakit biasa, alhasil penanganannya pun menjadi terlambat.

Gejala DBD atau demam berdarah dengue adalah kondisi dimana terjadinya kerusakan atau kebocoran pembuluh darah serta terjadinya penurunan kadar trombosit atau sel keping darah. Jika dibiarkan penyakit ini bisa saja menyebabkan kematian. Biasanya penyakit ini lebih rentan menyerang anak-anak dikarenakan sistem imunnya lebih rendah dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu kenali sejak dini apa yang jadi gejala demam berdarah agar Anda bisa memberikan pertolongan pertama secepatnya.

Apa yang Jadi Gejala Demam Berdarah?

Gejala demam berdarah ini seringkali disalah  pahami banyak orang karena gejala yang ditimbulkan demam berdarah hampir mirip dengan penyakit flu biasa. Maka dari itu banyak orang yang baru menyadari ketika gejala DBD ini sudah semakin parah. Untuk menghindari itu sebaiknya kenali apa yang jadi gejala demam berdarah berikut ini.

  1. Demam Tinggi Secara Mendadak

Meskipun demam merupakan salah satu penyakit biasa yang sering dialami siapa saja, tapi untuk mengenali apa yang jadi gejala demam berdarah itu diawali dengan demam yang terjadi secara mendadak. Bedanya dengan demam biasa penyakit ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dengan suhu yang sangat tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius. Demam ini juga biasanya berlangsung selama 2 hingga 7 hari. Tapi biasanya di hari ke 3 sampai 4 demam akan turun, hal ini menandakan akan masuk ke fase demam berdarah selanjutnya.

  1. Nyeri otot

Di saat setelah memasuki fase demam 2 hingga 7 hari, biasanya penderita akan mengalami nyeri otot di bagian sendi dan otot di seluruh tubuhnya. Biasanya gejala ini disertai demam dengan tubuh menggigil dan berkeringat.

  1. Mual dan Muntah

Pada umumnya penderita akan mengalami masalah pencernaan, hal ini ditandai dengan rasa mual bahkan muntah yang berlangsung selama 2 hingga 4 hari. Ketika keluhan ini terjadi, jangan tinggal diam begitu saja. Segera tangani  dengan cepat karena muntah yang berkepanjangan akan menyebabkan sistem imun menjadi semakin melemah dan hal itu hanya akan memperparah gejala demam berdarah yang dialaminya.

  1. Bintik-bintik pada Kulit

Munculnya ruam kemerahan atau bintik-bintik pada kulit merupakan gejala dbd pada anak dan orang dewasa  yang paling khas. Biasanya bintik-bintik kemerahan ini muncul pada hari ke 3 dan berlangsung selama 2 hingga 3 hari. Bintik-bintik ini berbentuk datar dan tidak menyerupai benjolan serta muncul di seluruh badan bahkan wajah sekalipun.

  1. Sakit Kepala Hingga ke Bagian Mata

Para penderita akan mengalami sakit kepala yang cukup parah hingga ke bagian dahi dan juga belakang mata. Hal ini membuat penderita sulit menjalankan aktivitasnya seperti bekerja, berpikir, berjalan dan lain-lain.

Dengan mengetahui apa yang jadi gejala demam berdarah di atas, Anda bisa lebih mudah melakukan pertolongan pertama demam berdarah pada anak atau orang dewasa di sekitar Anda. Cara mengobati gejala demam berdarah yang belum begitu parah bisa dengan memberikan parasetamol atau acetaminophen. Namun jika setelah diberikan obat lantas belum membaik, sebaiknya Anda bawa ke dokter untuk konsultasi atau langsung membawanya ke rumah sakit untuk diberikan pertolongan dengan cepat.

News Feed