by

Manfaat Buah Maja dan Cara Membuat Sirup Buah Maja

Salah satu buah yang punya kisah cukup panjang disebut Buah Maja. Meski sering dihubungkan dengan asal terbentuknya Kerajaan Majapahit dan diklaim mempunyai rasa yang sangat pahit. Tetapi beda dengan kenyataannya yang jauh dari kata pahit. Bahkan mempunyai rasa yang cukup manis dan juga baunya yang menjadi ciri  khas.

Karena sudah dianggap sebagai buah yang pahit. Jadinya kebanyakan orang yang salah paham dengan buah maja ini. Padahal maja sendiri memiliki banyak jenis. Bewaral dari buah maja berenuk dan buah baja batu yang mempunyai rasa pahit dan getir. Kedua jenis maja ini terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bahkan beberapa orang telah membuktikan khasiatnya sebagai salah satu obat herbal yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Mengenal Buah Maja

Buah yang memiliki nama latin Aegle marmelos ternyata berasai asli dari Negara dengan iklim tropika dan subtropika yang masih masuk wilayah Benua Amerika. Dan buah ini banyak tumbuh di daerah pulau jawa. Dan masih ada kerabat dengan buah kawis yang dekat dengan masyarakat aceh, madura dan juga rembang

Buah maja sendiri mempunyai rasa yang cukup enak dan bau yang sangat harus serta bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar sirup dan sari buah. Maja ini dapat tumbuh di daerah yang ekstrim. Contohnya rawa, tanah yang basah sampai tanah yang mempunyai kondisi kering dan minim air. Dan tanaman atau buah ini bisa tumbuh dan di panen meski dengan perawatan yang tidak maksimal.

Maja saat ini cukup sulit ditemui. Meski di beberapa wilayah Bali. Daerah malang dan Mojokerto buah maja masih cukup mudah untuk didapatkan.

Namun maja yang dimaksud menjadi lambang Kabupaten Mojokerto adalah maja berenuk yang memilki kulit keras dan rasanya pahit. Maja jenis ini sering dimanfaatkan sebagai perkakas rumah tangga berupa gayung dan perkakas lainnya karena kulitnya yang keras dan tahan air.

Manfaat Buah Maja

Selain memiliki rasa manis ternyata buah maja memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, dari mulai daun hingga akar. Buah ini punya banyak sekali khasiat yang bermanfaat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Orang india merupakan salah satu yang lumayan ahli dalam meracik obat serta ramuan herbal dengan menggunakan bahan dasar buah maja dan bisa juga daunnya.

Beberapa manfaat kesehatan buah ini adalah untuk mengobati diare, meredakan lambung bengkak, dan juga menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Sedangkan daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gejala asma.

Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan rasa mual dan juga morning sickness yang biasa dialami ibu hamil yang sedang hamil muda. Manfaat yang lainnya adalah dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk menyuburkan tanah dan bisa juga untuk tanaman.

Cara Membuat Sirup Buah Maja

Membuat Sirup Buah Maja Berenuk

  • Siapkan 1 buah maja berenuk yang sudah matang
  • Siapkan bor tangan untuk membuka bagian atas. Karena kulit yang sangat keras harus diperlukan bor untuk membuka buah maja ini.
  • Setelah lubang berhasil dibuat, keluarkan daging buah dan letakkan di wadah tertutup selama 3 hari untuk menghilangkan racun pada maja dengan cara difermentasi
  • Setelah 3 hari keluarkan isi buah, rebus dengan air, tambahkan gula secukupnya dan vanili untuk menghilangkan bau yang getir dari maja
  • Kemudian rebus hingga mendidih dan tiriskan
  • Saring larutan buah dari ampas hingga dihasilkan cairan bening
  • Jus pun siap dikonsumsi.

Comment

News Feed