by

Pengertian Asuransi yang Secara Umum dan Menurut Ahli yang Perlu Anda Ketahui

Berbicara mengenai asuransi terbaik 2018, tentu ada beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Hanya saja, sebelum Anda memutuskan untuk memilih asuransi yang terbaik, sebaiknya mari pahami dulu apa sebenarnya asuransi itu dan bagaimana manfaatnya. Karena meskipun asuransi ini bukan sesuatu yang baru, nyatanya masih ada beberapa orang yang kurang paham tentangnya.

Jadi, untuk memperdalam pengetahuan tentang asuransi, mari simak sejenak pengertian asuransi yang disebutkan di bawah ini.

Pengertian Asuransi Secara Umum

Secara umum, asuransi bisa diartikan sebagai bentuk pengendalian risiko. Dalam hal ini, satu pihak akan mengalihkan risiko-risiko yang mungkin saja terjadi di waktu yang akan datang kepada perusahaan asuransi. Kata asuransi itu sendiri berasal dari kata Insurance. Insurance jika diartikan secara singkat, maknanya adalah pertanggungan,

Karenanya, ada juga pihak yang mengatakan bahwasanya asuransi ini merupakan perjanjian antara nasabah sebagai pihak tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung, dimana pihak penanggung ini akan bersedia mengganti kerugian-kerugian yang mungkin saja dialami oleh pihak nasabah di waktu yang akan datang.

Pengertian Asuransi Menurut KBBI

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, dijelaskan bahwa asuransi itu adalah perjanjian antara dua pihak. Dalam perjanjian ini, pihak yang pertama akan dikenai kewajiban untuk membayar iuran dan pihak yang kedua akan dikenai kewajiban memberikan jamiinan sepenuhnya pada pihak yang pertama apabila terjadi sesuatu yang sifatnya merugikan pihak pertama.

Adapun masalah penggantian kerugian, ini disesuaian dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

Pengertian Lain Asuransi:

  1. Menurut Subekti

Subekti menjelaskan bahwa asuransi ialah perjanjian yang termasuk dalam kategori perjanjian untung-untungan, yang dilakukan dengan sengaja dan didasarkan atas kejadian yang masih belum terjadi di kemudian hari dan kejadian tersebut menentukan untung atau ruginya salah satu pihak.

  1. Menurut Abbas Salim

Sementara menurut Abbas Salim, yang dimaksud dengan asuransi ialah suatu kemauan dalam menentukan kerugian yang sedikit atau kecil yang sudah pasti dan bersifat sebagai pengganti dari kerugian besar yang masih belum tentu terjadi di masa yang akan datang.

Dari beberapa pengertian di atas, tentu ada banyak hal yang bisa Anda asuransikan. Jika Anda tertarik, Anda bisa memilih asuransi perlindungan jiwa syariah untuk perlindungan diri dari risiko kerugian. Semoga bermanfaat.

Comment

News Feed