by

Kapan Kamu Harus Membutuhkan Ahli Psikologi dari SehatQ

Pemilihan konsultasi psikologi merupakan tindakan diagnostik yang bisa dilakukan oleh konselor dan juga pasien untuk menilai kesehatan mental, menilai keadaan pikiran, dan menilai kejiwaan pasien. Dalam konsultasi ini, psikolog juga akan membuat rencana pengobatan yang sangat sesuai dengan keadaan pasien dan ini berdasarkan rangkaian tes yang telah dilakukan.

Kemudian permasalahan yang umumnya dialami ataupun dikeluhkan dalam proses konseling yakni tentang suatu hubungan, kejadian yang mampu memberikan dampak depresif, ataupun telah mendapatkan tekanan dari orang lain.

Untuk seseorang yang membutuhkan konsultasi psikologi bila mengalami masalah yang cukup berat untuk dirinya, terutama sampai tidak tahu apa yang harus dilakukan sehingga akan membutuhkan seorang psikolog yang ahli dalam masalah kejiwaan. Bila kondisi ini terus dibiarkan maka akan memicu kondisi depresif yang semakin berat.

Saat ini masih nanyak orang yang masih belum bisa membedakan antara psikolog dan psikiater walaupun keduanya adalah profesi yang berbeda. Namun secara garis besar, psikiater adalah dokter spesialis kejiwaan dan sementara psikolog bukanlah dokter. Akan tetapi keduanya sama-sama bisa mengatasi kondisi kejiwaan, tapi dalam spektrum yang berbeda.

Jika psikiater akan melakukan perawatan dengan cara menggabungkan peresepan obat-obatan dengan terapi lainnya. Sedangkan psikolog tidak dapat meresepkan obat. Untuk cara perawatan yang dilakukan psikolog yakni adalah psikoterapi, dimana pada perawatan ini akan dilakukan intervensi perilaku dan juga kognitif, sehingga mengubah cara pandang seseorang saat menghadapi masalahnya.

Pada dasarnya, pasien yang ditangani oleh psikiater adalah yang mempunyai kondisi kejiwaan yang kompleks, jadi membutuhkan intervensi obat bersamaan dengan terapi psikologis dan juga sosial. Misalnya kondisi kompleks yang dimaksud antara lain yakni mengalami depresi parah, skizofrenia, dan juga bipolar.

Sedangkan, psikolog akan menangani pasien-pasien yang punya kondisi kejiwaannya masih dapat diperbaiki dengan terapi psikologis semata, misalnya seperti gangguan perilaku, punya gangguan belajar, sedang depresi, dan juga gangguan kecemasan.

Jika kamu ingin mulai berkonsultasi dan tidak tahu harus pergi ke psikolog ataupun psikiater, kamu juga bisa mengunjungi salah satu yang dirasa lebih nyaman terlebih dahulu. Sehingga dari sanalah, proses diagnosis akan mulai dilakukan dan kamu juga akan diarahkan ke ahli yang paling sesuai dengan kondisi kamu kamu juga bisa chat dokter di SehatQ sebagai langkah awal.

Dan apakah yang terjadi pada saat konsultasi psikologi?

Ketika dilakukan konseling biasanya psikolog akan mengajak pasien berbicara ringan mengenai keseharian kamu, setelah pasien merasa nyaman untuk berbicara, dan juga kemudian psikolog akan menanyakan hal-hal terkait masalah yang sedang pasien hadapi maka kamu akan membuat pasien datang untuk konsultasi.

Namun pertanyaan-pertanyaan yang diberikan akan seputar kehidupan kamu dan perlu diingat bahwa tidak ada jawaban yang benar ataupun yang salah. Maka hal itu untuk perlu diketahui dan menelusuri masalah akarnya.

Ahli psikolog akan melakukan tes yang berbeda, dan termasuk pemeriksaan fisik dan juga wawancara klinis. Dengan tes tertentu juga akan dilakukan, misalnya seperti tes IQ, test sifat dan juga test perilaku. Selanjutnya, pasien juga perlu kembali untuk mendapatkan diagnosis pasti dan rencana pengobatan untuk lebih jelasnya kamu bisa chat dokter psikolog di layanan SehatQ.

News Feed