by

Tempat Wisata di Cirebon yang Bisa Anda Kunjungi

Sudah pesan tiket kereta ke Cirebon untuk lebaran nanti? Cirebon memang terkenal dengan budaya ke Islamannya yang sangat kental. Karena memang waktu dulu di Cirebon ini banyak sekali para wali yang menyebarkan agama Islam. Selain itu, di Cirebon juga terdapat objek-objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata di Cirebon yang bisa anda kunjungi:

Tempat Wisata di Cirebon

Makam Sunan Gunung Jati

  1. Makam Sunan Gunung Jati

Seperti yang sudah diketahui bahwa Makam Sunan Gunung Jati sering dijadikan destinasi wisata religi bagi para peziarah yang berasal dari Pulau Jawa. Di makam ini anda akan merasakan suasana religi yang sangat kental dengan adanya lantunan ayat-ayat suci yang menggema di seantero kompleks Makam Sunan Gunung Jati. Selain itu, makam ini memiliki gaya arsitektur khas Tiongkok, Jawa, dan Arab. Sehingga terjadilah perpaduan yang sempurna untuk membentuk sebuah harmoni yang sangat fantastis. Dan beragam dekorasi porselen khas Tiongkok pun banyak disematkan di sekitar dinding makam. Bukan hanya itu, Makam Sunan Gunung Jati ini juga memiliki 9 pintu yang disusun secara bertingkat. Akan tetapi, para pengunjung hanya bisa masuk hingga pintu ke-5, karena pintu-pintu selanjutnya hanya diperuntukkan bagi keturunan Sunan Gunung Jati. Adapun lokasi Makam Sunan Gunung Jati ini berada di Jalan Alun-Alun Astana Gunung Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati.

Taman Sari Gua Sunyaragi

  1. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman yang memiliki deretan gua ini pada awalnya merupakan tempat meditasi bagi para pemuka kerajaan  atau prajurit keraton. Bahkan keaslian bangunan-bangunan batu kuno di tempat ini masih murni hingga saat ini. Para wisatan maupun warga setempat sering menjadikan tempat ini untuk foto selfie. Selain itu, Taman Sari Gua Sunyaragi ini juga sering dijadikan tempat pagelaran musik, sendratari, hingga pembukaan Festival Keraton Nusantara yang digelar setiap setahun sekali. Bahkan, baru-baru ini para pengelola juga telah meluncurkan wahana balon udara yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatan untuk berkunjung ke tempat ini. Taman Sari Gua Sunyaragi ini berlokasi di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Dan mulai beroperasi pada pukul 18.00-17.30 (setiap hari).

Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

  1. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Perlu diketahui bahwa Taman Ade Irma Suryani (TAIS) ini dikenal sebagai taman hiburan anak pada dekade 90-an. Namun TAIS ini sempat terabaikan yang akhirnya disulap menjadi waterpark yang diberi nama Cirebon Waterland. Objek wisata yang dibuka pada tahun 2014 yang lalu ini, langsung menjadi salah satu destinasi wisata yang pavorit dan menjadi primadona di Cirebon. Hadirnya pondok Dusun ikonik seperti yang ada di Dusun Bambu Lembang dan restoran bergaya kapal laut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung dan melakukan selfie. Alamat Cirebon Waterland ini berada di Jalan Yos Sudarso 1, Lemahwungkuk, Cirbon. Dan jam operasinya mulai pukul 07.00-21.00 dengan harga tiket masuk Rp. 50.000, dan Rp. 65.000 untuk akhir pekan.

Bukit Gronggong

  1. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong ini merupakan lokasi nongkrong yang pavorit bagi anak muda Cirebon dan sekitarnya. Di tempat ini anda bisa menikmati indahnya pemandangan Kota Cirebon pada malam hari dari ketinggian sembari duduk di bangku dan menikmati minuman hangat di tengah dinginnya cuaca perbukitan. Selain itu, di tempat ini juga sudah banyak tersedia restoran dan tempat penginapan yang menyuguhkan panorama alam perbukitan yang sangat indah. Tempat wisata ini berlokasi di daerah Patapan, Beber, Cirebon. Dan tiket masuknya juga gratis, namun anda hanya diharuskan membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata lainnya di Cirebon. Namun tidak bisa disebutkan satu-satu persatunya. Yang jelas Cirebon ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang pavorit di Jawa Barat.

Comment