by

Tips Hindari Skimming Kartu Kredit

Kejahatan skimming kartu kredit memang tidak bisa dilakukan jika kamu menggunakan kartu kredit online. Tetapi, ada baiknya juga mengetahui cara para pelaku agar bisa terhindar dari modus yang sama. Terlebih saat ini kartu kredit digital juga bisa digunakan untuk transaksi secara offline.

Sebenarnya penggunaan kartu kredit bisa diketahui oleh nasabah lewat notifikasi yang dikirimkan ke handphone pemilik kartu kredit. Dengan demikian, nasabah bisa mengetahui secara langsung pada saat kartu kredit digunakan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari modus skimming kartu kredit.

  1. Selalu bertransaksi di tempat yang jelas

Beberapa korban skimming biasanya menggunakan kartu kredit di tempat-tempat yang belum jelas integritasnya. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan pengguna menggunakan kartu kredit untuk gesek tunai. Padahal, penggunaan gesek tunai sangat berisiko. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak menggunakan kartu kredit di tempat yang mencurigakan.

  1. Hindari mengambil uang di ATM yang sepi

Penggunaan skimming atau penduplikasian data kartu kredit dapat terjadi pada saat melakukan uang di ATM. Hal ini biasanya juga terjadi bukan hanya di dalam negeri tetapi di luar negeri. Bahkan potensinya bisa lebih besar saat mengambil uang dari mesin ATM dengan menggunakan kartu kredit.

Tips untuk menghindari skimmer di mesin ATM ini adalah dengan memperhatikan lubang kartu. Jika ada sesuatu yang mengganjal dan mencurigakan, sebaiknya urungkan menggunakan kartu kredit. Jika ternyata kartu sudah tertelan, bersikaplah tenang dan hindari bantuan dari orang lain. Blokir kartu kredit sebelum meninggalkan mesin ATM.

  1. Pastikan kasir tidak menggesek kartu kredit di mesin kasir

Selain harus waspada terhadap penggunaan kartu kredit di mesin ATM, nasabah juga perlu mengetahui bahwa saat ini baik kartu kredit maupun kartu debit tidak boleh lagi digesek melalui mesin kasir. Kasih hanya boleh memasukkan data kartu kredit secara manual demi menghindari skimming.

  1. Aktifkan notifikasi sms untuk mengetahui transaksi

Cara paling mudah tapi tetap efektif adalah dengan mengaktifkan notifikasi sms. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui setiap transaksi yang terjadi secara realtime dengan mudah. Jika ada transaksi yang mencurigakan, kamu bisa segera memblokir transaksi yang telah dilakukan.

  1. Petimbangkan untuk beralih ke kartu kredit digital

Kejahatan skimming memang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan kartu kredit digital sehingga bisa terhindari dari kejahatan skimming kartu kredit. Transaksi dengan kartu kredit digital cukup aman karena setiap transaksi yang ada, kamu akan mendapatkan one time password (OTP) untuk memverifikasinya.

Layanan kartu kredit digital saat ini bahkan sudah lebih maju dengan layanan pinjaman online. Sehingga kamu bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus dalam satu layanan. Contohnya seperti Kredivo yang dikenal sebagai perusahaan kredit online lewat aplikasi.

Kredit online yang ditawarkan Kredivo adalah pinjaman tanpa agunan. Tidak perlu khawatir mengajukan pinjaman lewat Kredivo, karena Kredivo sudah terdaftar di OJK dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018 atas nama PT FinAccel Digital Indonesia.

Ketahui Syarat Pinjaman Kredivo

Untuk bisa mengajukan pinjaman berbasis aplikasi ini, pastikan terdaftar dulu sebagai member Kredivo. Daftar lewat aplikasi dan penuhi persyaratan berikut sebelum mendaftar.

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi dan Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, barulah unduh aplikasi Kredivo lewat App Store maupun Google Play Store untuk melakukan pendaftaran dengan langkah yang mudah.

Bunga Pinjaman Kredivo

Kredivo memberikan bunga pinjaman 2,95% per bulan. Bunga tersebut sangat terjangkau. Jika digunakan untuk belanja online atau pembayaran berbagai tagihan, Kredivo tidak menyertakan biaya administrasi untuk belanja online. Selain itu, kamu juga bisa belanja online tanpa bunga asal dibayarkan di bulan selanjutnya atau memilih tenor singkat selama 30 hari.

Perlu diketahui bahwa biaya administrasi sebesar 6% hanya untuk produk pinjaman dana tunai saja. Baik itu produk pinjaman tunai maupun pinjaman mini. Biaya administrasi ini hanya dikenakan satu kali, dihitung dari jumlah keseluruhan pinjaman dan akan dipotong di muka.

Misalnya untuk pinjaman sebesar Rp1 juta, maka biaya administrasi yang akan dipotong dari pinjaman adalah sebesar Rp60.000. Cukup rasional bukan? Apalagi pinjaman ini tidak perlu jaminan atau agunan.

Daftar sekarang lewat aplikasi Kredivo. Unduh aplikasinya secara resmi lewat situs Kredivo atau Google Play Store dan App Store.

Comment

News Feed